Pages

Sabtu, 26 Mei 2012

Kerusakan Lingkungan Hidup


MANUSIA SEBAGAI PERUSAK LINGKUNGAN



Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai berbagai peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar kita, baik peristiwa yang kita saksikan secara langsung maupun tidak langsung. Manusia mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan yang sehat untuk memberikan kenyamanan serta memberikan kontribusi yang besar untuk kesehatan manusia.
Kebersihan lingkungan memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan serta mikroorganisme yang ada. Namun, belakangan ini sangat sulit untuk menemukan lingkungan yang sehat. Hal ini karena banyak sekali lingkungan yang telah tercemar oleh polusi-polusi serta zat-zat kimia berbahaya lainnya. Pada zaman yang modern seperti saat ini, lingkuan seolah-olah telah terabaikan dan tidak terawat. Hal ini terjadi karena manusia seakan tidak peduli dengan lingkungan. Mereka lebih memikirkan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan mereka yang semakin hari semakin tak terbatas jumlahnya. Mereka tidak memikirkan dampak apa yang akan terjadi pada lingkungan apabila terus diambil sumber dayanya. Pada abad ini keadaan lingkungan hidup manusia semakin memprihatinkan.
Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada umumnya disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Telah sering kita jumpai terutama di kota-kota besar lingkungan yang masih alami (misalnya hutan, taman, dan sebagainya) sudah sangat sulit untuk ditemukan. Hal disebabkan karena lahan-lahan alami telah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk. Contoh lainnya adalah belakangan ini juga sering kita jumpai penebangan-penebangan liar (illegal logging). Hal ini sangat merugikan, karena illegal logging dapat merusak habitat mahluk hidup yang ada. Selain itu, illegal logging juga dapat mengurangi lahan serap air sehingga dapat menyebabkan banjir serta tanah longsor.
Lingkungan yang masih terawat dan alami sudah sangat sulit ditemui. Lahan-lahan hijau banyak yang telah berubah fungsi menjadi pemukiman. Maka dari itu polusi serta pencemaran telah terjadi hampir diseluruh bagian bumi.
Pencemaran lingkungan yang terjadi di kota dan di desa sangat berbeda. Di perkotaan jumlah kendaraan sangat banyak selain itu alat-alat yang digunakan manusia di perkotaan juga dapat menimbulkan polusi serta pencemaran. Contohnya, asap-asap knalpot kendaraan bermotor yang mengandung zat-zat kimia seperti CO, CO2 dan lain-lain. Berbeda halnya dengan di pedesaan. Di pedesaan jumlah kendaraan bermotor tidak begitu banyak. Selain itu, barang-barang yang digunakan masih sangat sederhana serta ramah lingkungan. Hanya saja petani-petani dipedesaan telah banyak yang menggunakan pestisida, hal inilah yang menimbulkan pencemaran tanah dan air.
Peranan manusia dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan. Karena lingkungan yang bersih, nyaman dan indah dapat diwujudkan dengan kesadaran manusia itu sendiri. Kebersihan lingkungan dapat diwujudkan dengan menerapkan mulai dari diri sendiri yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menghentikan penebangan liar(illegal logging), mengadakan penghijauan serta penanaman kembali (reboisasi), menggunakan kendaraan ramah lingkungan(biogas, biodiesel), serta menghentikan pemakaian zat-zat berbahaya seperti pestisida, menerapkan sistem daur ulang (reduce), serta mengolah limbah sebelum dibuang ke laut atau sungai.
Apabila hal-hal di atas telah diterapkan dalm kehidupan manusia maka kebersihan lingkungan dapat terwujud. Selain itu, bencana-bencana alam juga dapat di tanggulangi.
Oleh karena itu, telah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga lingkungan. Karena dengan menjaga lingkungan hidup, maka ekosistem yang ada dalam lingkungan itu dapat bertahan hidup. Selain itu, bencana alam juga dapat dihindari serta kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat diwujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar